Sabtu, 29 Oktober 2016

Soal Ujian SD/ MI Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Semester Ganjil

Soal Ujian SD/ MI Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Semester Ganjil

SOAL UJIAN

A. Jawablah Pertanyaan di bawah dengan benar, dengan memberi tanda ( x ) pada jawaban a, b, c dan d !

1. Aku memiliki satu orang kakak, dan dua orang adik. Jumlah saudaraku adalah...
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Empat

2. Sebelum ayah pergi kerja, saya mengucapkan...
a. Selamat jalan, Ayah
b. Selamat jumpa, Ayah
c. Selamat menikmati
d. Selamat bertemu, Ayah

3. Aku punya dua....  saya gunakan untuk...
a. Mata
b. Telinga
c. Mulut
d. Alis

4. Supaya tidak kehujanan kita harus memakai...
a. Jaket
b. Sepatu
c. Kaus kaki
d. Payung

5. Aku punya dua...untuk berjalan.
a. Mata
b. Tangan
c. Kaki
d. Telinga

6. Kami sedang...televisi.
a. Memandang
b. Menonton
c. Meilhat
d. Menoleh

7. ...saya Rino
a. Alamat
b. Umur
c. Nama
d. Tinggi

8. Petani pergi ke...
a. Kantor
b. Sekolah
c. Sawah
d. Bandara

9. Ibu pergi kepasar...becak
a. Turun
b. Naik
c. Duduk
d. Melihat

10. Andi...dibuku gambar.
a. Menulis
b. Menggambar
c. Membaca
d. Menempel

11. Kakek lebih,,,dari ayah
a. Muda
b. Kecil
c. Tua
d. Pintar

12. Saya rajin...gigi
a. Menyisir
b. Menggosok
c. Mencuci
d. Membilas

13. Kakek baru datang...desa
a. Dari
b. Ke
c. Pada
d. Di

14. Sungai yang kotor terlihat ...
a. Bersih
b. Jernih
c. Keruh
d. Putih

15. Lingkungan yang sehat harus..
a. Kotor
b. Berantakan
c. Bersih
d. Banjir

16. Ibu ...nasi didapur
a. Menyapu
b. Membuang
c. Memungut
d. Menanak

17. Saya...dibuku tulis
a. Menulis
b. Menggambar
c. Mencoret
d. Membaca

18. Udara dipagi hari sangat...
a. Panas
b. Lembab
c. Segar
d. Beku

19. Sampah plastik sebaiknya ...
a. Dikubur
b. Dibuang
c. Dibakar
d. Disimpan

20. Adik...bola
a. Main
b. Bermain
c. Mainan
d. Mainkan

B. Isilah Titik – Titik Dibawah Ini Dengan Benar !

1. Tuliskan anggota keluargamu dirumah...!
2. Tuliskan dua permainan yang menggunakan raket !
3. Apakah warna buah semangka, jeruk dan pisang !
4. Apakah yang kamu lakukan jika temanmu berkelahi...?
5. Apakah yang akan kamu lakukan jika kamarmu berantakan ?

KUNCI JAWABAN

A. Pilihan Ganda

1. C
2. A
3. B
4. D
5. C
6. B
7. C
8. C
9. B
10. B
11. C
12. B
13. A
14. C
15. C
16. D
17. A
18. C
19. C
20. B

B. Isian

1. Ibu, Ayah, Adek, Tante
2. Bulu tangkis, tenis meja
3. Semangka berwarna merah, jeruk berwarna kuning, dan pisang berwarna kuning
4. Melerainya
5. Merapikannya

Sumber ; Gudang Ilmu